Sabtu, 11 Februari 2012

JENIS LAYANAN DAN KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING

JENIS LAYANAN DAN KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING

A.      LAYANAN ORIENTASI
Layanan orientasi yaitu layanan konseling yang memungkinkan siswa memahami lingkungan yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar berperannya siswa dalam lingkungan baru tersebut.
Ø  Layanan orientasi di sekolah
Hal-hal yang perlu diketahui dalam lingkungan baru adalah keadaan lingkungan fisik, materi dan kondisi kegiatan, peraturan dan berbagai ketentuan lainnya, jenis personal yang ada tugas masing-masing dan saling hubungan antara mereka.
Ø  Layanan orientasi luar sekolah
Cara penyajian orientasi diluar sekolah sangat tergantung pada jenis orientasi yang diperlukan dan siapa yang memerlukannya. Lembaga-lembaga orientasi dapat dibentuk dan konselor menjadi tenaga ahli serta penggerak lembaga bantuan khusus di masyarakat itu

B.       LAYANAN INFORMASI
Layanan informasi yaitu layanan konseling yang memungkinkan siswa menerima dan memahami berbagai informasi yang dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan dan pengambilan keputusan untuk kepentingan siswa.
Ada 3 alasan utama mengapa pemberian informasi perlu diselenggarakan:
1.      Membekali individu dengan berbagai pengetahuan tentang lingkungan yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi berkenaan.
2.      Memungkinkan individu dapat menentukan arah hidupnya sesuai keinginanya
3.      Setiap individu unik sehingga akan membawa pola-pola pengambilan keputusan dan bertindak yang berbeda-beda disesuaikan dengan aspek-aspek kepribadian masing-masing individu.
Ø  Jenis-jenis informasi
1.      Informasi pendidikan
2.      Informasi jabatan
3.      Informasi sosial budaya
Ø  Metode layanan informasi disekolah
Pemberian informasi kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti metode ceramah, diskusi panel, wawancara dan alat bantu lainnya.
Ø  Layanan informasi diluar sekolah
Jenis-jenis informasi yang diperlukan yaitu informasi berkenaan dengan penghidupan yang lebih luas, penghidupan beragama, berkeluarga, bekerja, bermasyarakat dan bernegara dapat merupakan kebutuha banyak warga masyarakat.

C.       LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN
Layanan penempatan dan penyaluran yaitu layanan konseling yang memungkinkan siswa memperoleh penempatan dan penyaluran yang sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing.
Ø  Penempatan dan penyaluran siswa disekolah
Penempatan dan penyaluran siswa disekolah  dapat berupa:
a.    Penempatan siswa didalam kelas
b.    Penempatan dan penyaluran kedalam kelompok-kelompok belajar
c.    Kedalam kegiatan ekstrakulikuler
d.   Kedalam jurusan atau program studi yang sesuai

D.      LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR
Layanan bimbingan melalui beberapa tahap:
a.       Pengenalan siswa yang mengalami masalah belajar
b.      Pengungkapan sebab-sebab masalah belajar
c.       Pemberian bantuan pengentasan  masalah belajar

E.       LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL
Konseling individual adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi dalam wawancara antara seorang konselor dan seorang siswa. Siswa mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat dipecahkan sendiri, kemudian ia meminta bantuan konselor sebagai petugas yang professional dengan pengetahuan dan ketrampilan psikologi. Konseling ditujukan pada individu yang normal, yang menghadapi kesukaran dalam mengalami masalah pendidikan, pekerjaan dan sosial dimana ia tidak dapat memilih dan memutuskan sendiri.


F.        LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK
Bimbingan kelompok dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri siswa. Isi kegiatan bimbingan kelompok terdiri atas penyampaian informasi yang berkenaan dengan masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi, dan masalah sosial yang tidak disajikan dalam bentuk pelajaran. Sedangkan konseling kelompok yaitu upaya bantuan kepada peserta didik dalam rangka memberikan kemudahan dalam perkembangan dan pertumbuhannya.

G.      KEGIATAN PENDUKUNG LAYANAN DIANTARANYA :
1.       Aplikasi Instrumentasi
Yaitu kegiatan pendukung bimbingan dan konseling untuk mengumpulkan data dan keterangan tentang diri peserta didik (klien), keterangan tentang lingkungan peserta didik dan lingkungan yang lebih luas. Pengumpulan data ini dapat dilakukan denagn berbagai cara melalui instrumen baik tes maupun nontes.
2.      Himpunan Data
Yaitu kegiatan pendukung bimbingan dan konseling untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan keperluan pengembangan peserta didik (klien). Himpunan data perlu dielenggarakan secara berkelanjutan, sistematik, komprehensif, terpadu, dan sifatnya tertutup.
3.      Konferensi Kasus
Yaitu kegiatan pendukung bimbingan dan konseling untuk membahas permasalahan yang dialami oleh peserta didik (klien) dalam suatu forum pertemuan yang dihadiri oleh berbagai pihak yang diharapkan dapat memberikan bahan, keterangan, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya permasalahan tersebut.
4.      Kunjungan Rumah
Yaitu kegiatan pendukudng bimbingan dan konseling untuk memperoleh data, keteranang, kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya permasalahan peserta didik (klien) melalui kunjungan ke rumahnya. Kegiatan ini memerlukan kerjasama yang penuh dari orang tua dan anggota keluarga klien yang lainnya.
5.      Alih tangan kasus
Yaitu kegiatan pendukudng bimbingan dan konseling untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas atas masalah yang dialami peserta didik (klien) dengan memindahkan penanganan kasus dari satu pihak ke pihak lainnya. Kegiatan ini memerlukan kerjasama yang erat dan antar berbagi pihak yang dapat memberikan bantuan dan atas penanganan masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar